GEGER PECINAN, SAAT LASKAR TIONGHUA JAWA BERSATU MELAWAN VOC



Meriam Kumbarawa dan Kumbarawi yang menjalankan pasukan Cina terus menggonggong membombardir benteng Kompeni di Kartasura. Di sisi lain, tampak bahwa pasukan artileri Mataram yang bertugas meriam Subhrasta dan Segarawana bergandengan tangan menembaki benteng pasukan VOC, Garnisun Belanda di Kartasura cukup kuat. Dipimpin oleh seorang perwira bernama Van Velsen yang bertanggung jawab atas 200 tentara dan meriam Eropa lengkap di beberapa kamp.

Serangan terhadap benteng VOC terjadi pada 5 Agustus 1741. Awal perang membuka pasukan gabungan Tiongkok-Mataram melawan VOC, VOC kewalahan untuk menentang meminta bantuan dari Bupati Cakraningrat di Madura. Cakrangingrat menyetujui ketentuan VOC yang membantunya menjadi mandiri dari pemerintahan Mataram.
Perang hebat ini juga sering disebut Perang Kuning. 

Berbagai strategi digunakan untuk Cina untuk melawan VOC, Prajurit Tiongkok sering memancing VOC untuk bertarung dalam jarak dekat. Selain menghemat peluru, mereka juga memiliki kemampuan bertarung yang cukup bagus, Mereka bertempur dengan sengit dan menyebabkan banyak korban. Prajurit Tiongkok mengandalkan seni bela diri dan seni bela diri, sementara tentara Mataram mengandalkan kuda dan pedang (kavaleri)," kata sejarawan Cina dari Semarang Tjong Ki Thio kepada merdeka.com, Rabu (1/1) 22).


Sementara Daradjadi menulis tentang pertempuran terbuka, Laskar Jawa dan Cina juga mengandalkan perang gerilya. Mereka menyebarkan teror dengan memasuki kastil dan memenggal musuh sebelum memenangkan diri mereka sendiri. Aksi berani ini biasanya dihargai dengan hadiah uang oleh Patih Mataram Notokusumo, Hal-hal seperti ini merupakan pukulan mental bagi pasukan VOC, Dimulai dengan Pembantaian Tionghoa Batavia Perang Jawa-Cina melawan VOC dimulai oleh pembantaian komunitas Cina di Batavia pada bulan Oktober 1740. Pada saat itu orang-orang Cina cemas tentang pajak berat yang harus dibayar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DULU JADI TUKANG PARKIR BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN JEBOL MENJADI ANGGOTA POLRI

DIAMANKAN POLISI SEBUT LUCINTA LUNA SEBAGAI PEMAKAI NARKOBA

SUMBER TERBESAR YANG PENTING DI KOMSUMSI OLEH BAYI SEHINGGA BERUSIA 2 TAHUN