HARGA JAHE MERAH HINGGA KUNYIT LEBIH MAHAL DI BANDINGKAN AYAM POTONG



Harga rempah-rempah di sebagian besar wilayah meningkat setelah peredaran informasi yang mengatakan konsumsi rempah-rempah ini dapat menangkal virus korona atau Covid-19, sehingga permintaan meningkat. Bahkan harga rempah-rempah tradisional seperti jahe merah, kunyit dan jahe naik lebih dari harga jual potongan ayam per kilogram, Sementara sejumlah pedagang di pasar Jatinegara Jakarta Timur, mengeluh bahwa stok jahe merah kini mulai melangkah dan harga sudah melonjak sejak tiga hari terakhir.

Sekarang temulawak merah, kunyit dan temulawak menjadi perjuangan. Apalagi temulawak merah sudah habis," kata Rokmat kepada Merdeka.com di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (5/3), Harga jahe merah sudah mencapai Rp90 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya hanya Rp40 ribu per kg. Sementara itu, harga kunyit adalah Rp 35 ribu per kg dari sebelumnya Rp 25 ribu per kg.

Sementara temulawak sekarang dibanderol dengan harga Rp. 40 ribu per kg dari harga Rp. 20 ribu per kg. Harga ini lebih mahal dari harga ayam potong, yang hanya dihargai Rp. 28 ribu per kg, Jahe merah adalah emas tertinggi," tambah Rokmat, Permintaan Tinggi Dia menyebutkan kenaikan harga yang terjadi karena permintaan publik yang tinggi, yang tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan yang ada. "Sehari untuk jahe merah, kunyit, dan jahe habis sepuluh kilo, sekarang bisa dua puluh lima kilo," jelasnya.

Sementara untungnya harganya lebih tinggi. Seperti Sari yang merupakan ibu rumah tangga, yang memilih untuk mengurangi jumlah pembeliannya untuk menghemat pengeluaran hariannya, Ia berharap pemerintah bisa meminta harga jual jahe merah, kunyit atau jahe, karena ketiga bahan makanan tersebut merupakan bahan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. "Ya, itu akan segera turun, kan? Kami menggunakannya setiap hari," katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DULU JADI TUKANG PARKIR BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN JEBOL MENJADI ANGGOTA POLRI

DIAMANKAN POLISI SEBUT LUCINTA LUNA SEBAGAI PEMAKAI NARKOBA

SUMBER TERBESAR YANG PENTING DI KOMSUMSI OLEH BAYI SEHINGGA BERUSIA 2 TAHUN